PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP 13 KOTA BENGKULU

Vusparingga, Andela (2024) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP 13 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Andela Vusparingga (1911280052).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 13 Kota Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan metode pembelajaran PBL dan yang belajar dengan metode pembelajaran RME di SMPN N 13 Kota Bengkulu?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal uraian yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 1.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode realistic mathematics education dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika di kelasVIII SMPN 13 Kota Bengkulu. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Statistik uji: diperoleh Thitung pada Equal variances assumed = 38 dengan Probabilitas Value (Sig.) = 0.000. Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengujian perbedaan rata-rata skor postes xiii kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh nilai Thitung = 38 > Ttabel, dengan nilai 2-tailed (sig.) = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak, karena terdapat perbedaan rata-rata skor postes yang signifikan antara siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Metode Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) di kelas VIII SMPN 13 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung19611015984131002UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni2014079102UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Buyung Surahman, M.Pd Pembimbing II: Poni Saltifa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Realisctic Mathematics Education, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:13
Last Modified: 12 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item