KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU

Sudomo, Anggi Harlen (2024) KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN_ANGGI.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ANGGI HARLEN SUDOMO_1911270046-dikompresi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang sengaja dan terencana untuk membentuk perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya bagi seorang individu dan sebagai warga negara bermasyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang pernah dilakukan di SMP Negeri 18 kota bengkulu menunjukan bahwa guru dalam mengelola kelas sudah baik. Hal ini ditunjukan pada saat pembelajaran berlangsung guru sudah mengunakan media ataupun model pembelajaran yang bervariasi supaya pembelajaran menjadi menyenangkan dan kondusif karena sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab sikap siswa kurang berminat belajar IPS di kelas VII SMP N 18 Kota Bengkulu, mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Bengkulu, dan mengetahui faktorfaktor penghambat guru dalam mengajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang menjelaskan strategi guru mata pelajaran IPS dalam menumbuhkan tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 18 kota Bengkulu. Pendekatan penelitian aadalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa faktor motivasi menjadi penyebab sikap siswa kurang berminat belajar IPS dan faktor kesiapan siswa juga menjadi penyebab sikap siswa kurang berminat belajar IPS. Adapun keterampilan guru dalam mengelola kelas pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMP N 18 Kota Bengkulu sudah cukup baik dan xii berjalan lancar. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta Di dalam kelas biasanya ada keberagaman dalam kemampuan baik itu yang pandai, sedang dan kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Irwan Satria, M.Pd Pembimbing II: Saepudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru,Mengelola Kelas, IPS, Sikap Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:24
Last Modified: 12 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item