EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK SEGITIGA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 25 KOTA BENGKULU

Agustian, Erlangga (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK SEGITIGA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 25 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Skripsi Erlangga Agustian_1911280024).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang kesulitan dan kebingungan saat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, matematika dianggap suatu yang rumit, membutuhkan energi, pikiran, dan waktu yang banyak untuk menyelesaikan suatu masalah diberikan guru. Hasil belajar matematika siswa juga masih dalam kategori rendah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Segitiga Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 25 Kota Bengkulu. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang dilakukan di SMP Negeri 25 Kota Bengkulu. Menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol, yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan analisis data. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, didapatkan hasil thitung = 0,18 dan ttabel =2,069, sehingga thitung < ttabel. Dari uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaan problem solving efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198803192015032003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Andang Sunarto,Ph.D Pembimbing II: Fatrima Santri Syafri, M.Pd.Mat
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:31
Last Modified: 15 Jul 2024 01:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item