PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Putri, Vega Intan (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
HALAMAN.pdf

Download (866kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
VEGA INTAN PUTRI-2011280002.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa SMP N 2 Kota Bengkulu, telah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dalam mata pelajaran matematika, guru matematika di sekolah SMP 2 Kota Bengkulu telah membuat dan menerapkan modul yang sesuai dengan langkah-langkah Problem Based Learning (PBL) yang akan peneliti teliti sehingga bisa membantu peneliti dalam mendapatkan data penelitian. Berdasarkan uraian diatas, "apakah terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)) Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa” Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Metode penelitian ini digunakan oleh penulis untuk dapat mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang informasi atau data-datanya dikelola dengan statistik. Dengan menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui berpengaruh atau tidak Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan dari rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Motivasi belajar Siswa. Hasil variabel Problem Based Learning model (X) terhadap minat belajar (Y1), diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 9,67 + 0,76X, nilai b (regresi coeffi cient) sebesar 0,96 menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel X dan Y1 dengan adanya perubahan nilai variabel Y1 sebesar 0,76. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa pada hipotesis 1 adalah 15,014 > 1,669, artinya hipotesis antara variabel X dan variabel Y1 yaitu Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Persamaan regresi linier sederhana Y = - 44,64 + 2,64X, nilai b (koefisien regresi) sebesar 2,64 menunjukkan hubungan positif antara variabel X dan Y2 dengan perubahan nilai variabel Y sebesar 2,64 untuk setiap perubahan variabel X dan hipotesis 2 sebesar 14,441 > sebesar 1,669 berarti hipotesis antara variabel X dan variabel Y2 yaitu Ha2 diterima dan Ho2 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri196110151984031002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I Dr. Buyung Surahman,M.Pd dan Pembimbing II Fatrima Santri Syafri, M.Pd. Mat
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL),Minat, Motivasi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:25
Last Modified: 15 Jul 2024 06:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item