PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP POLA PERILAKU KONSUMSI ISLAMI PADA MAHASANTRI MA’HAD AL JAMI’AH UINFAS BENGKULU

ASPRIYANTI, NENENG (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP POLA PERILAKU KONSUMSI ISLAMI PADA MAHASANTRI MA’HAD AL JAMI’AH UINFAS BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (188kB)
[img] Text
SKRIPSI NENENG ASPRIYANTI _ 2011130012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh religiusitas terhadap pola perilaku konsumsi Islami pada Mahasantri Mahad Al-Jamiah UINFAS Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu uji validitas dan reliabilitas data. Teknik analisis datanya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas regresi, uji hipotesis data (uji t), uji regresi sederhana, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap perilaku konsumsi Islami Mahasantri di Mahad Al-Jamiah UINFAS Bengkulu. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan uji regresi sederhana diperoleh hasil perhitungan nilai b = 0,348 yang berarti jika setiap kali variabel X (religiusitas) bertambah satu, maka rata-rata variabel Y (perilaku konsumsi Islami) bertambah sebesar 0,348. Begitupun nilai thitung yang diperoleh adalah 3,845 dan nilai ttabel adalah 1,668 maka nilai thitung > ttabel atau 3,845 > 1,668 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh religiusitas terhadap pola perilaku konsumsi Islami Mahasantri di Mahad Al-Jamiah UINFAS Bengkulu. Sedangkan hasil perhitungan R Square (R2 ) adalah 0,625 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumsi Islami sebesar 62,5 % sedangkan 37,5 % dimana perilaku konsumsi Islami dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsnaini, Asnaini197304121998032003UNSPECIFIED
Thesis advisorYustati, herlina198505222019032004UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. Asnaini, M.A 2.Herlina Yustati, M.A, E.K
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Perilaku Konsumsi Islami, Mahasantri Ma‟had
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:41
Last Modified: 15 Jul 2024 08:41
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item