PENGGUNAAN MEDIA ULAT ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH KAUR

Rahayu, Rizki Fitria (2023) PENGGUNAAN MEDIA ULAT ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYAH KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKI FITRIA RAHAYU-1911250003.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian taua peristiwa. Dengan menggunakan media, anak mendapatkan pengalaman langsung untuk mengetahui dan memahami informasi yang diperolehnya dengan cara mengamati, meniru atau bereksperimen langsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak termasuk aspek kognitif anak dapat berkembang secara optimal. Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di TK Aisyah Kaur, kemampuan kognitif anak mulai berkembang khususnya tentang bentuk, warna dan ukuran. Peneliti melakukan pra penelitian terhadap 10 orang anak usia 4-5 tahun berdasarkan penilaian harian TK Aisyah Kaur dengan berpatokan pada buku Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualititatif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi lengkap tentang penggunaan media ulat angka untuk meningkatkan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di TK Asyiah Kaur.. Penelitian ini dilaksanakan diTK Aisyah Kaur yang beralamat di Desa Rigangan 1 KecamatanKalam Tengah Kabupaten Kaur, provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai pelaksanaan penggunaan media ulat angka untuk mengembangkan kognitif anak usia 4-5 Tahun di TK Aisyah Kaur dimana anak lebih mudah dalam memahami angka 1-10 karena di dalam media ulat angka tersebut ada jumlah benda yang sesuai angka yang ditempel. Permainan Ulat angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung, hal ini dapat dibuktikan dari hasil peresentase capaian perkembangan kemampuan berhitung anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorBudrianto, Budrianto202089103UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Salamah, M.Pd Pembimbing II: Budrianto, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Media Ulat Angka, Kognitif Anak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:49
Last Modified: 15 Jul 2024 08:49
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item