PENERAPAN METODE EKSPLORASI DALAM MENGEMBANGKAN SAINS ANAK DI PAUD/TK SKB DESA PANCUR NEGARA KECAMATAN KAUR UTARAKABUPATEN KAUR

Piriyanti, Marti (2023) PENERAPAN METODE EKSPLORASI DALAM MENGEMBANGKAN SAINS ANAK DI PAUD/TK SKB DESA PANCUR NEGARA KECAMATAN KAUR UTARAKABUPATEN KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (639kB)
[img] Text
MARTI PIRIYANTI_1911250042.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PAUD/TK SKB Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode eksplorasi dalam mengembangkan sains anak di PAUD/TK SKB Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur dengan metode eksplorasi yaitu: observasi, klasifikasi, mengukur, perkiraan, eksperimen dan komunikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1)Penerapan metode eksplorasi dalam mengembangkan sains anak di PAUD/TK SKB Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur sudah dilakukan dengan eksplorasi lingkungan alam sekitar, salah satunya dengan mengenal berbagai jenis tanaman. Alam merupakan lingkungan yang terdekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki pengaruh besar terhadap pengembangan kemampuan anak. Melalui alam sekitar perkembangan kemampuannya bisa meningkat, baik itu dalam hal bermain, mengasah imaji- nasinya dalam bentuk gambar, bercerita tentang apa saja yang sudah dilihatnya dari lingkungan. Serta hal-hal lainnya yang mempunyai nilai pendidikan yang bisa didapatkan anak dari alam. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode eksplorasi dapat mengembangkan sains di PAUD/TK SKB Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur terdiri dari faktor internal dan eksternal dimana pada faktor internal sebagian dari anak sudah memiliki minat belajar yang baik, Bakat yang dimiliki oleh anak disini dalam bidang sains, anak memiliki motivasi yang baik. Semua anak memiliki cara belajar tersendiri saat dirumah. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan sekolah yang mendukung dan lingkungan rumah juga mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Deni Febrini, M.Pd Pembimbing II: Masrifa Hidayani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Eksplorasi, Sains, Anak Usia Dini.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:12
Last Modified: 18 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item