PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA GENERASI ZOOMERS (GEN Z) TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 15 KOTA BENGKULU

pangestuti, ruli aulia (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA GENERASI ZOOMERS (GEN Z) TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 15 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
RULI AULIA PANGESTUTI_2011210054.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Minat sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh minat belajar siswa tersebut sangatlah besar terhadap pembelajaran terkhususnya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Perkembangan saat ini sudah pada Dunia digital yang sudah memasuki generasi zoomers (Gen Z). Minat belajar siswa generasi Zoomers di SMPN 15 Kota Bengkulu terhadap Pembelajaran PAI terkategori rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa adakah pengaruh minat belajar siswa Generasi Zoomers (Gen Z) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Tempat penelitian ini dilakukan di SMPN 15 Kota Bengkulu dengan jumlah sampel penelitian dalam penelitian sebanyak 65 siswa dengan populasi sebanyak 434 siswa/i. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket/kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai F hitung 60.922 signifikansi sebesar <,001 <0,05, dengan nilai t-hitung = 7.805 dengan nilai signifikansi sebesar< ,001 pada taraf signifikan 5% uji dua pihak x dan df=n-2-1=62 serta diperoleh t tabel sebesar 1,999. Dan nilai korelasi /hubungan (R) yaitu sebesar 0,701 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,492, yang mengandung pengertian bahwa terdapat pengaruh Minat Belajar Siswa Generasi Zoomers (Gen Z) terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 15 Kota Bengkulu sebesar 49,2%. Jadi, Pengaruh Minat belajar siswa generasi Zoomers (Gen Z) terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 49,2% sementara sisanya 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorzulkarnain, zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorefendi, hamdan198804122023211026UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Prof. Dr. H. Zulkarnain S, M. Ag 2.Hamdan Efendi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa Generasi Zoomers (Gen Z), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:20
Last Modified: 18 Jul 2024 02:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item