PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SETS (Science, Environment, Technology, and Society) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

Sopiah, Sopiah (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SETS (Science, Environment, Technology, and Society) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
SOPIAH 1711260028.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan air dengan memanfaatkan potensi local yang ada disekitar sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa bervisi Science, Enviritment, Technology and Society ( SETS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain pada modul IPA dan juga untuk mengetahui kelayakaan kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP. Metode penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan desain penelitian pembuatan modul ajar dan pretest-posstest uji t satu sampel dan uji t berpasangan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMPN 39 Mukomuko pada siswa kelas VII dengan sampel dua kelas. Kedua kelas dibagi menjadi kelas uji coba awal dan operasional dimana masing-masing sampel diberi pretest-posstest dan angket respon baik dari guru dan siswa. Hasil penilaian validasi dari ahli dan guru menunjukan bahwa modul ajar bervisi SETS efektif dan layak digunakan . Hasil yang diperoleh dari angket respon guru pengampu mata pelajaran IPA memperoleh nilai rata-rata ”90%” dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil respon siswa uji coba pada kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata “83,2%” dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dan hasil siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata “87,34%” dengan kriteria “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196109071989022002UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Meirita199105242020122006UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Khermarinah, M.Pd. I Pembimbing II:Meirita Sari, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: SETS, literasi sains, modul ajar, pencemaran lingkungan air
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:28
Last Modified: 18 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item