PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 24BENGKULU TENGAH

Nopianti, Isra (2024) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 24BENGKULU TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Fatmawari Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ISRA NOPIANTI_1911270074.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Make A Match terhadap aktivitas belajar IPS pada materi Interaksi Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Bengkulu Tengah. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode design true experimental yaitu prestest. Posttet only control group design. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, serta masih adanya beberapa guru yang belum menggunakan model pembelajaran Make A Match. Popolasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh Make A Match terhadap aktivitas belajar IPS pada materi Interaksi Sosial. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar nilai α = < 0,05 diperoleh nilai sebesar 2.093, karena nilai = 7.659 < 2.093. Dari hasil ini menunjukan adanya pengaruh model make a match terhadap aktivitas belajar IPS pada materi interaksi sosial. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa lebih besar dari sehingga kelas yang diajarkan menggunakan make a match bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Salamah, SE, M. Pd. Pembimbing II: M. Ilham Gilang, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Aktivitas Belajar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:32
Last Modified: 23 Jul 2024 01:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item