ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU

Manda, Syila Dwi Alta (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 72 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
SYILA DWI ALTA MANDA_1911240194.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berpikir tingkat tinggi di SD Negeri 72 Kota Bengkulu kelas III; (2) Bagaimana penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 72 Kota Bengkulu kelas III; (3) Bagaimana penilaian berpikir tingkat tinggidi SD Negeri 72 Kota Bengkulu kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 26 orang dengan rincian 25 orang siswa kelas III dan 1 orang guru kelas III di SD Negeri 72 Kota Bengkulu . Data dalam penelitian ini didapatkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang didapatkan oleh peneliti dari guru kelas V masih didominasi oleh indikator kognitif yang menggunakan kata kerja operasional tingkat rendah (LOTS); (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru kelas V cenderung sering dilakukan dan mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi; (3) Pelaksanaan penilaian kelas (soal evaluasi) kata kerja operasional yang digunakan masih didominasi oleh kata kerja operasional taksonomi bloom keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorfebriani, deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorutami, intan199010082019032009UNSPECIFIED
Additional Information: 1.Dr. Deni Febrini, M.Pd 2. Intan Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan penilaian kelas, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir tingkat rendah.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:12
Last Modified: 23 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item