ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMPN 18 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Wulandari,, Bella Selvia (2024) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (428kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI BELLA SELVIA WULANDARI_2011270007.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dampak penggunaan gadget dalam interaksi sosial siswa di SMPN 18 Kota Bengkulu pada kelas VII berdasarkan apa yang terjadi di lapangan. Adapun fokus penelitian ini adalah mengenai dampak pengunaan gadget dan peran guru dalam mengantisipasi dampak penggunaan gadget dalam interaksi sosial siswa di SMPN 18 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dampak positif dan negatif penggunaan gadget dalam interaksi sosial di SMPN 18 Kota Bengkulu. Dampak positif yaitu 1) dapat membantu siswa menjalin komunikasi dengan orang tua dan teman yang jauh, 2)memudahkan siswa memperoleh informasi sekolah, 3) perilaku sopan santun, 4) empati, 5) disiplin, dan 6) tanggung jawab. Sedangkan dampak negatifnya yaitu 1) siswa menjadi tidak peka terhadap apa yang disampaikan oleh guru, 2) gadget sebagai penghambat interaksi sosial siswa, 3) apatisme, dan 4) bullying. Sedangkan peran guru dalam mengantisipasi dampak pengunaan gadget dalam interaksi sosial siswa yaitu 1) Guru sebagai pemandu, 2) konselor, 3) teladan, 4) insan visioner, dan 5) penasihat. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial siswa di kelas VII SMPN 18 Kota Bengkulu baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Oleh karena itu, peran guru sangat diperlukan dalam mengantisipasi dampak penggunaan gadget dalam interaksi sosial siswa di kelas VII SMPN 18 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, Sepri199002102019031015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak, Gadget, Interaksi Sosial
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:14
Last Modified: 04 Nov 2024 04:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item