PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN PENERAPAN MODEL JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING KELAS VII DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Ezalia,, Nabila Tri (2024) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN PENERAPAN MODEL JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING KELAS VII DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (278kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI NABILA TRI EZALIA NI 2011270015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, banyak siswa tidak bersemangat, jenuh, serta tidak berkonsentrasi. Materi yang disampaikan membosankan, pembelajarannya yang monoton dan kaku sehingga kurang diminati oleh siswa. Guru sebagai seorang pendidik harus tahu apa yang diinginkan oleh para siswanya. Model joyfull learning berbasis ice breaking merupakan peralihan suasana dari yang menjenuhkan, membosankan, tegang menjadi suasana yang nyaman, rileks dan ada rasa senang untuk berkonsentrasi dalam proses belajar di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran IPS berdasarkan penerapan model joyfull learning berbasis ice breaking di kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental. Data diperoleh dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Data hasil pre-test dan post-test kemudian dianalisis dengan rumus chi kuadrat (χ 2 ), rumus F, dan rumus t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ttabel adalah 2,00 sedangkan untuk nilai thitung adalah 2,32. Artinya, nilai thitung lebih tinggi jika dibandingkan dengan ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar yang dimiliki oleh kelas eksperimen (kelas yang mendapatkan model pembelajaran joyfull learning berbasis ice breaking) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas yang tidak mendapatkan ice breaking). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotersis yang diterma adalah hipotesis (H1) yakni terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan model joyfull learning berbasis ice breaking terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Joyfull Learning Berbasis Ice Breaking
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:25
Last Modified: 04 Nov 2024 04:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item