ANALISIS MARKETING MIX SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA DAERAH BENGKULU (Studi Kasus Objek Wisata Pulau Kumayan Kota Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

Ilhami Rido, Marda (2024) ANALISIS MARKETING MIX SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA DAERAH BENGKULU (Studi Kasus Objek Wisata Pulau Kumayan Kota Bengkulu). Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI MARDA RIDO ILHAMI NIM 2011130121.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (778kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan marketing mix syariah dalam meningkatkan jumlah pengunjung di destinasi wisata Pulau Kumayan. Marketing mix syariah terdiri dari empat elemen utama, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion), yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah. dan juga marketing syariah di objek wisata pulau kumayan Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, dengan delapan jumlah informan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Meskipun Pulau Kumayan telah menerapkan marketing mix syariah, penerapannya belum optimal karena kurangnya kerja sama dengan pihak luar, yang mengakibatkan minimnya dana untuk pengembangan fasilitas penting seperti WC, mushola, tong sampah, dan akses jalan, sehingga perlu perbaikan agar lebih efektif menarik wisatawan. Dan Marketing syariah di wisata Pulau Kumayan, Kota Bengkulu, dijalankan dengan prinsip bebas dari riba, pengawasan transaksi, kesepakatan sukarela tanpa paksaan, pemeliharaan yang teratur, serta promosi yang transparan melalui media sosial, sehingga semua informasi yang diterima pengunjung sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHak, Nurul196606161995031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSumarni, Yenti197904162007012020UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, Marketing Syariah, Wisata
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari`ah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:20
Last Modified: 05 Nov 2024 07:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item