WEDIKA PUTRI TARIGAN, OLIVIA (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI KELAS VII.1 DI SMPN 14 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (649kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (748kB) |
|
Text (skripsi)
OLIVIA WEDIKA PUTRI TARIGAN_2011290098.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum merdeka ini dapat mengembangkan potensi dan kompetensi peserta didik salah satunya proses pembelajaran dengan membuat proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan untuk mendeskripsikan efektif atau tidaknya kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi di kelas VII.1 SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yakni penelitian yang memberikan gambaran tentang situasi dan kejadian faktual. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berdasarkan data nyata yang telah berhasil diperoleh dari hasil penelitian dengan tiga tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Deskripsi Kelas VII.1 Di SMPN 14 Kota Bengkulu sudah dilaksanakan dengan baik. Penerapan kurikulum merdeka di SMPN 14 Kota Bengkulu dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanan dan tahap evaluasi. Materi pembahasan mengenai penerapan teks deskripsi berdasarkan hasil wawancara dan observasi kepada siswa dan guru maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan materi teks deskripsi sudah berjalan dengan baik karena sebagian besar dari siswa sudah mengerti bagaimana menulis teks deskripsi sesuai dengan tema yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar sudah dilaksanakan dengan baik pada siswa kelas VII.1 SMPN 14 Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2024 08:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Nov 2024 08:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3540 |
Actions (login required)
View Item |