Triwahyuni,, Etin (2024) PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK SIKAP PLURALIS SISWA DI SMP NEGERI 07 KINAL KABUPATEN KAUR. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (366kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (461kB) |
|
Text (Skripsi)
SKRIPSI ETIN TRIWAHYUNI_1811270017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru mata pelajaran IPS dalam membentuk sikap pluralis siswa kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung guru IPS dalam membentuk sikap pluralis siswa kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat guru IPS dalam membentuk sikap pluralis siswa kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknis pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Peran Guru mata pelajaran ips dalam membentuk sikap pluralis siswa kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur, yaitu pertama, berperan sebagai pendidik yaitu dengan memberikan contoh dan teladan yang baik, sehingga dapat diserap dengan baik didikan tersebut dan dapat ditiru dengan baik sikap yang diberikan oleh gurunya tersebut di lingkungannya di luar sekolah. Kedua peran guru sebagai pengajar guru yaitu melaksanakan pengajaran kepada siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang didalamnya terdapat materi tentang pluralism, kemudian pelaksanaan pembelajan menggunakan beragam metode dan media sehingga membangkitkan semangat belajar pada anak didik serta dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan terutama dalam hal ini mengenai sikap pluralis. Ketiga, peran guru sebagai pembimbing yaitu terlebih dahulu memperlakukan para siswa dengan menghormati dan menyayangi serta mencintai siswa-siswinya. 2) Faktor Pendukung Guru IPS dalam Membentuk Sikap Pluralis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur, adalah adanya kerjasama yang baik antar guru-guru yang terkait, adanya fasilitas pembelajaran yang baik seperti buku-buku penunjang, media elektronik sebagai media pembelajaran, adanya fasilitas ibadah serta lingkungan sekolah yang terletak diantara masyarakat yang pluralis. 3) Faktor Penghambat Guru IPS dalam Membentuk Sikap Pluralis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 07 Kinal Kabupaten Kaur adalah tingkat kepedulian orang tua dirumah dan kerjasamanya dengan pihak sekolah, sehingga terlihat seperti abai akan pendidikan anaknya dan menyerahkan sepenuhnya kepada guru disekolah saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru IPS, Sikap Pluralis Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2024 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
View Item |