UPAYA GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Pujiarti, Revita (2024) UPAYA GURU IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (248kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (352kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI REVITA PUJIARTI NIM 2011270008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VII di SMP N 5 Kota Bengkulu. Selain itu juga untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dan solusi dari upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah�langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas VII yaitu: 1) membimbing, 2) pembiasaan, 3) menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa, 4) membuat peraturan kelas beserta sanksi , 5) memberikan motivasi, 6) selalu melakukan refleksi di akhir pembelajaran, dan 7) menjalin komunikasi yang baik dengan siswa dan wali murid. Pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas VII sudah terlihat pada beberapa hal seperti tidak terlambat datang ke sekolah, melaksanakan piket kelas dengan baik, mengerjakan tugas PR dengan baik, penggunaan seragam yang rapi serta menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin tersebut antara lain terjalinnya komunikasi yang baik antar pihak guru serta kepala sekolah, lingkungan sekolah yang positif, dan motivasi dalam pembelajaran, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor keluarga, rendahnya kesadaran diri siswa, dan faktor lingkungan. Sedangkan solusi dari adanya kendala pembentukan xiii karakter disiplin siswa tersebut melalui kontrol dari kepala sekolah, serta peran aktif guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSaepudin, Saepudin196802051997031002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Karakter disiplin siswa, Pembelajaran IPS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:53
Last Modified: 06 Nov 2024 07:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item