Sari, Etika (2024) DESKRIPSI KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (453kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (561kB) |
|
Text (Skripsi)
ETIKA SARI_1911280037.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan Kecemasan siswa terhadap matematika dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika. kecemasan ini muncul akibat beberapa faktor, termasuk ketidakpercayaan diri, tekanan untuk tampil baik, serta stigma negatif terhadap matematika. Kecemasan ini memengaruhi siswa dalam berbagai aspek, baik fisik, kognitif, maupun perilaku mereka. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan dukungan kepada siswa dalam mengatasi kecemasan mereka terhadap matematika. Selain itu, kenyamanan dalam belajar matematika juga dipengaruhi oleh semangat belajar, pengalaman dengan guru, dan dukungan teman-teman. Mengatasi kecemasan matematika juga dapat dilakukan dengan mendorong siswa untuk belajar dari kesalahan mereka dan memahami bahwa ketidakpastian dalam matematika adalah hal yang umum. 2.Dampak yang terjadi ketika siswa mengalami kecemasan dalam pembelajaran matematika Di SMPN 18 Kota Bengkulu kecemasan siswa memiliki dampak yang signifikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari hasil obervasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan kecemasan matematika. Adapun hasil penelitian ini menunjukan 1.Kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 18 Kota Bengkulu Kecemasan ini dapat menyebabkan kesulitan fokus, penurunan prestasi, kerusakan rasa percaya diri, kebingungan dalam memahami konsep matematika, serta peningkatan stres. Selain itu, siswa yang mengalami kecemasan cenderung merasa sulit dalam menyelesaikan soal matematika, terutama soal cerita pada materi volume bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Siswa, Pembelajaran Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:27 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3651 |
Actions (login required)
View Item |