DESKRIPSI KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMPN 18 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Sari, Etika (2024) DESKRIPSI KECEMASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (453kB)
[img] Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (561kB)
[img] Text (Skripsi)
ETIKA SARI_1911280037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan Kecemasan siswa terhadap matematika dikarenakan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika. kecemasan ini muncul akibat beberapa faktor, termasuk ketidakpercayaan diri, tekanan untuk tampil baik, serta stigma negatif terhadap matematika. Kecemasan ini memengaruhi siswa dalam berbagai aspek, baik fisik, kognitif, maupun perilaku mereka. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan dukungan kepada siswa dalam mengatasi kecemasan mereka terhadap matematika. Selain itu, kenyamanan dalam belajar matematika juga dipengaruhi oleh semangat belajar, pengalaman dengan guru, dan dukungan teman-teman. Mengatasi kecemasan matematika juga dapat dilakukan dengan mendorong siswa untuk belajar dari kesalahan mereka dan memahami bahwa ketidakpastian dalam matematika adalah hal yang umum. 2.Dampak yang terjadi ketika siswa mengalami kecemasan dalam pembelajaran matematika Di SMPN 18 Kota Bengkulu kecemasan siswa memiliki dampak yang signifikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari hasil obervasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan kecemasan matematika. Adapun hasil penelitian ini menunjukan 1.Kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 18 Kota Bengkulu Kecemasan ini dapat menyebabkan kesulitan fokus, penurunan prestasi, kerusakan rasa percaya diri, kebingungan dalam memahami konsep matematika, serta peningkatan stres. Selain itu, siswa yang mengalami kecemasan cenderung merasa sulit dalam menyelesaikan soal matematika, terutama soal cerita pada materi volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung197204101999031004UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Komala198803202023212038UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Siswa, Pembelajaran Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:27
Last Modified: 07 Nov 2024 01:27
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item