MANAJEMEN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA DI SMAN 2 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

ANWAR T, CHOIRUL (2023) MANAJEMEN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA DI SMAN 2 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
KHAIRUL ANWAR_2111550008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (431kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (734kB)

Abstract

SMAN 2 Bengkulu Selatan terdapat beranekaragam agamadan budaya. Dengan memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI di SMAN 2 Bengkulu Selatan melakukan Manajemen pembinaan moderasi beragama kepada siswa melalui berbagai strategi, dan metode pembinaan tertentu untuk membangun nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moderasi beragama. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah SMAN 2 Bengkulu Selatan. Untuk subjek penelitian ini adalah 2 (dua) guru PAI, dan beberapa informan pendukung yaitu; Kepala Sekolah, 37 orang siswa yang beragama kristen, dan 40 siswa yg muslim. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Manajemen yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama dengan melakukan pembinaan di dalam maupun di luar kelas menggunakan strategi dan metode. Strategi yang digunakan adalah strategi langsung dengan memberikan arahan, teladan, baik di dalam maupun di luar kelas dan strategi tidak langsung dengan memberikanlarangan dan pencegahan, sedangkan metode yang digunakan adalah metode: a) Keteladanan dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa; b) Pemberian nasihat dengan memberikan nasihat sebelum dan menjelang berakhirnya pembelajaran; c) Kedisiplinann dengan memberikan peraturan; d) Pembiasaan dengan membiasakan siswa untuk mengikuti pengajian dan apel; e) Pemberian perhatian khusus dengan memperhatikan perkembangan sikap siswa yang mencerminkan moderasi beragama; f) Pemberian hukuman dengan memberikan sanksi berupa pengurangan nilai agama bagi siswa yang melanggar aturan. 2) Faktor pendukungnya adalah: a) Kekompakkan antar guru mata pelajaran; b)Aturan Kepala Sekolah yang mewajibkan semua guru untuk mengisi apel, c) Penerimaan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Sarana yang kurang memadai seperti tempat ibadah yang kurang luas; b) Kurangnya minat siswa, c) Siswa yang sulit diatur, dan d) Siswa yang kurang memperhatikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorS, Zulkarnain196005251987031001UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Guru PAI, Moderasi Beragama, Pembinaan.
Subjects: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:13
Last Modified: 13 Nov 2024 08:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item