MODEL PENDIDIKAN KARAKTER QUR’ANI DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN CARA PENERAPANNYA DI ERA DISRUPSI (TELAAH TAFSIR AL MISHBAH)

Downloads

Downloads per month over past year

Sofa, Mochamad Luftan (2023) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER QUR’ANI DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN CARA PENERAPANNYA DI ERA DISRUPSI (TELAAH TAFSIR AL MISHBAH). Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
MOCHAMAD LUTFAN SOFA _ 2111540011.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (393kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada rumusan masalah, 1) bagaimana model pendidikan karakter Qur‟an dalam surah Luqman ayat 12-19 ? 2) nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam surah Luqman ayat 12-19 ? 3) bagaimana cara penerapan pendidikan karakter surah Luqman ayat 12-19 di era disrupsi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan, dibahas dan dikritik. Analisis penelitian ini pada surah Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Al Mishbah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pendidikan karakter Qur‟an surah Luqman ayat 12-19 meliputi, a) model keteladanan, b) model nasihat, c) model pembiasaan, d) model perumpamaan. 2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surah Luqman ayat 12-19 diantaranya: a) syukur kepada Allah. b) beriman kepada Allah, c) berbakti kepada orang tua, d) bijaksana, e) berbuat kebaikan, f) ibadah karena Allah dan sabar. g) akhlak dan sopan santun. 3) Cara penerapan pendidikan karakter Qur‟an di era disupsi antara lain: pertama, memberikan ketaladanan kepada peserta didik, kedua, memahami hakikat manusia sebagai khalifah Tuhan, ketiga, mengembangkan sikap toleransi. Sedangkan penerapan pendidikan karakter menurut kementerian pendidikan nasional berdasarkan buku panduan pelaksanaan pendidikan karakter yaitu: a. strategi di tingkat kementerian pendidikan nasional, b. strategi di tingkat daerah, c. strategi di tingkat satuan pendidikan, d. penambahan alokasi waktu pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996030001UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Surah Luqman, Era Disrups
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:14
Last Modified: 13 Nov 2024 08:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item