Azhar, Mukhsinul (2024) PEMANFAATAN MEDIA MIND MAPPING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Tesis)
MUKSINUL AZHAR__2223540028.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Tesis)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (488kB) |
|
Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (755kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan Media Mind Mapping berbasis Project Based Learning Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Media Mind Mapping berbasis Project based Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan Media Mind Mapping berbasis Project Based Learning Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian yang dapat memberikan informasi adalah Kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan Guru. Hasil penelitian (1) Pemanfaatan Media Mind Mapping berbasis Project Based Learning Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah, media Mind Mapping berbasis Project Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran SKI berorientasi kepada siswa, sehingga siswa mampu mengonsep Materi SKI dan mudah dipahami, Mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan aktif dan Mampu membangkitkan semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran.(2) Penerapan Media Mind Mapping berbasis Project Based Learning Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah, yaitu :a. Siswa diminta untuk membentuk kelompok. b. Siswa memperhatikan petunjuk pembuatan mind mapping yang diberi guru. c. Guru membagikan selembar kertas kosong pada tiap kelompok. d. Siswa merancang pembuatan mind mapping e. Perwakilan kelompok mengumpulkan hasil mind mapping di meja guru.f. Perwakilan tiap kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil mind mapping di depan kelas. (3)Adapun Kelebihan dan kekurangan Media Mind Mapping berbasis Project Based Learning Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bengkulu Tengah yaitu dapat mengasah kreativitas peserta didik, melatih peserta didik untuk berpikir secara kritis dan Kekurangan dari media mind mapping, antara lain: hanya dapat memasukkan poin-poin yang penting saja.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Mind Mapping, Project Based Learning, Pembelajaran SKI | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | M.Pd Sinta Agusmiati | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3866 |
Actions (login required)
View Item |