PENERAPAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Jannah, Miftahul (2024) PENERAPAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
MIFTAHUL JANNAH_1811170026.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (240kB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen penyelenggaraan ibadah haji di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan informan dari pihak Kemenag Provinsi Bengkulu sebanyak 3 orang dan jamaah haji sebanyak 5 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Milles Hubermann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) manajemen pelayanan haji yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sudah sesuai dengan yang diharapkan dan jamaah merasa puas dengan pelayanannya. 2) Faktor pendukung pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu antara lain: sumber dana yang sudah tersedia dari anggarasan pusat, ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pelayanan, tenaga operasional haji mencukupi dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan berpengalaman, koordinasi dan kerjasama antar instansi pemerintah cukup baik, mudah dijangkau, masyarakat yang mendukung penuh penyelenggaraan Ibadah haji. 3) faktor penghambat pelayanan adalah: keragaman jamaah haji dilihat dari faktor usia, pendidikan, ekonomi dan sosia yang berbedabeda, ketidak samaan identitas diri jamaah antara dokumen pendukung dan dokumen utama jamaah haji, perpindahan domisili jamaah haji setelah mendaftar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorHak, Nurul196606161995031002UNSPECIFIED
Thesis advisorHartini, Kustin198103022023212021UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Penyelenggaraan Haji dan Umroh
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:14
Last Modified: 14 Nov 2024 02:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item View Item