PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI SDN 82 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Pahlawan, Pahlawan (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI SDN 82 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
PAHLAWAN _NIM 2011540046_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Tesis)
Depan.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Tesis)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (626kB)
[img] Text (Tesis)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan perilaku prososial PAI di SDN 82 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain “the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 82 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas VD sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol SDN 82 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan perilaku prososial siswa yang diberikan melalui angket awal dan angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung motivasi belajar siswa sebesar 6,79 dan perilaku prososial sebesar 15,77 dan nilai ttabel sebesar 2,07. Secara statistik terlihat thitung motivasi belajar siswa (6,79) dan perilaku prososial (15,77) > ttabel (2,07) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap motivasi belajar dan perilaku prososial PAI di SDN 82 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorChandra, Pasmah198905142020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar,Perilaku Prososial, ,Pembelajaran PAI
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: M.Pd Sinta Agusmiati
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:09
Last Modified: 26 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3923

Actions (login required)

View Item View Item