Witri, Pristiana (2024) UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-KARIM KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (477kB) |
|
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (604kB) |
|
Text (Skripsi)
PRISTIANA WTRI_1711220011.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian Adalah Untuk mengetahui Bagaimana upaya guru dalam menciptakan lingkungan Berbahasa Arab dan Untuk mengetahui Bagaimana bentuk pengelolaan dan tingkat keberhasilan program lingkungan bahasa Arab di pondok pesantren al-karim kota Bengkulu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif, Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan memahami realitas sosial, yaitu melihat dunia dari apa adanya, bukan dunia yang seharusnya, maka seorang peneliti kualitatif haruslah orang yang memiliki sifat open minded. Karenanya, melakukan penelitian kualitatif dengan baik dan benar berarti telah memiliki jendela untuk memahami dunia psikologi dan realitas social, sumber data Data primer penelitian ini diperoleh dari Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, waka kurikulum dan guru bahasa Arab di madrasah tsanawiyah darusalam kota bengkulu dan Data skunder, Data sekunder penelitian ini adalah data yang diperoleh dari buku, jurnal, maupun penelitian lain sebagai pendukung penelitian. Diketahui bahwa hasil penelitian dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab di pondok pesantren Al-Karim Kota Bengkulu yaitu menjelaskan pentingnya bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan agama Islam, memberikan pengajaran di dalam dan di luar kelas misalnya pengembangan kosa kata bahasa arab, kegiatan ekstrakurikuler bahasa arab, pemajangan mufrodat bahasa arab, latihan percakapan bahasa arab, mengadakan acara kebahasaan serta menerapkan sanksi yang bersifat mendidik bagi para santri yang melanggar aturan berbahasa arab serta Bentuk pengelolaan bahasa arab Menyediakan figure berbahasa arab yang aktif berbahasa arab, Lingkungan Psikologis, Lingkungan Bicara, Lingkungan Mendengar, Lingkungan Melihat dan program kebahasaan. Tingkat keberhasilan lingkungan bahasa Arab melalui analisis CIPP (konteks, input, proses dan produk) dapat dikategorikan “baik”. Hal ini dibuktikan dengan mampunya pengurus bahasa melakasanakan program, antusiasnya santriwati xii dalam mengikuti program serta tercapainya tujuan program bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Karim Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | upaya guru, lingkungan berbahasa arab | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 05:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 05:42 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3971 |
Actions (login required)
View Item |