Ramadhani, Fara Dila (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 01 BENGKULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text (skripsi)
HALAMAN DEPANJ.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (skripsi)
FARA DILA RAMADHANI_1911270016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (784kB) |
|
Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (698kB) |
Abstract
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPS Di SMP 01 Bengkulu Selatan dan persepsi guru IPS tentang implementasi kurikulum merdeka di SMP 01 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research ), yaitu dengan cara meneliti langsung dilapangan untuk memperoleh data dan informasi dari sumber data yaitu sumber data primer berjumlah 20 orang dari 90 siswa dan 2 orang guru IPS dan data sekunder dari literatur dengan membaca, menelaah buku – buku, dari dari sekolah, guru sebagai penunjang. Adapun persedur penelitian yang penulis gunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumntasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan dilakukan dengan beberapa tahapan, untuk tahapan persiapan sudah tersedia mulai dari silabus dan RPP, namun RPP yang di siapkan oleh guru tidak sesuai dengan apa yang guru ajarkan ataupun guru terapkan di dalam kelas. Guru tidak melakukan langkah- langkah yang sudah ada dalam RPP. Kegiatan inti dalam mata pelajaran IPS belum terlaksana dengan baik, hal ini dilihat hasil wawancara dengan siswa dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menyebutkan bahwa ada beberapa sub indikator yang tidak dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan efesien. Dalam kegiatan penutup sudah terlaksana dengan baik. Hal ini di karenakan dalam kegiatan penutup guru memberikan rangkuman atau kesimpulan, umpan balik serta memberikan \ tugas yang sifatnya memberikan pengayaan dan pendalaman. Penilaian hasil pembelajran sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indicator mutu pembelajaran dan teori Rusman maupun dari Peraturan Menti Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kata Kunci : impelementasi kurikulum merdeka, mutu pembelajaran, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | impelementasi kurikulum merdeka, mutu pembelajaran, IPS | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4028 |
Actions (login required)
View Item |