PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU SKRIPSI

Downloads

Downloads per month over past year

Afriani, Metri (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (skripsi)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text (skripsi)
METRI AFRIANI_2011270026.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Window shopping merupakan strategi layanan berbasis kerja kelompok dengan melakukan keliling melihat hasil karya kelompok lain untuk menambah wawasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe window shopping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design, pendekatan ini merupakan penelitian yang digunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Ada dua bentuk desain quasi experimental, yaitu Time-Series Design dan Nonequivalent Control Group Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, dengan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sedangkan sampelnya kelas VIII 4 dan VIII 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil Penelitian ini menujukan bahwa ada pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe window shopping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal tersebut terlihat pada hasil uji t-test menggunakan independent sample t-test diperoleh thitung = 3.223 dan ttabel = 1.671. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman196802191999031003UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196802051997031002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 21 Nov 2024 07:57
Last Modified: 21 Nov 2024 07:57
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item