IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TALAQQI DI SMPS IT DARUL FIKRI BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

RABBANI, ABD. RAHMAN (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TALAQQI DI SMPS IT DARUL FIKRI BENGKULU UTARA. Undergraduate(S1) thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text (MASTER)
ABD.RAHMAN RABBANI_2111550015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Talaqqi adalah sebuah upaya terencana dalam proses belajar mengajar Al-Qur'an dengan sistem tatap muka secara langsung. Ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi, dengan tujuan agar proses pembelajaran Al-Qur'an dapat berjalan secara efektif dan efisien, sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. SMPS IT Darul Fikri Bengkulu Utara merupakan salah satu sekolah yang menerapkan manajemen pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, penting adanya sebuah penelitian lebih lanjut berkenaan dengan implementasi Manajemen Pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Talaqqi sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pembelajaran al-Qur‟an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di SMPS IT Darul Fikri Bengkulu Utara. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pembelajaran al-Qur‟an dengan Metode Talaqqi telah berjalan cukup baik pertama, melakukan penyusunan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pengaturan waktu mengajar, pemilihan media dan metode yang dituangkan dalam bentuk RPP/Silabus. Kedua, Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah dengan menunjuk guru untuk mengampu pelajaran tahsin dan tahfidz Qur‟an dengan SK pembagian tugas. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran al-Qur‟an dengan metode talaqqi di SMPS IT Darul Fikri Bengkulu Utara terbagi menjadi dua model pembelajaran yaitu klasikal dan privat, klasikal biasanya dilakukan untuk mentalqin bacaan dan hafalan sebelum disetorkan kepada guru, guru mengecek bacaan yang masih keliru dari sisi tajwidnya. Sedangkan privat yaitu murid maju satu persatu untuk menyetorkan hafalannya dengan berhadapan face to face kepada guru atau kiainya setelah ditalqin bersama tadi. Selanjutnya yang keempat adalah evaluasi pembelajaran, di SMPS IT Darul Fikri Bengkulu Utara telah diterapkan cukup efektif yaitu kepala sekolah dan ketua bidang al-Qur‟an melakukan evaluasi berdasarkan pada indikator penilaian dan remedial dan pengayaan berdasarkan kualitas hafalan masing-masing. Jika hafalannya belum lancar maka harus disetor ulang kepada guru yang bersangkutan. Yang selanjutnya yaitu pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan ketua bidang al-Qur‟an secara bergantian

Item Type: Thesis (Undergraduate(S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMULYADI, MUS197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorMINDANI, MINDANI1969080620071011002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Management, Al-Qur'an Learning, Talaqqi Method
Subjects: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:55
Last Modified: 05 Feb 2025 04:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year