SEPTI, SEPTI (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMP N 03 KEC. TEBAT KARAI, KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
TESIS LENGKAP.pdf Download (18MB) |
![]() |
Text (TESIS)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menganalisis strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 2) untuk mengetahui dan mengkaji bentuk nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk membentuk sikap moderat antar siswa di SMP N 03 Kec. Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang Tahun Akademik 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaiutu reduksi data, data display, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 03 Kec. Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, yaitu: a) Penetapan Tujuan Pembelajaran, b) Penetapan pendekatan pembelajaran, c) Penetapan Media Pembelajaran, dan d) Penetapan Evaluasi. 2) Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yaitu: a) Tawasuth (Moderat); b) Tawazun (Seimbang); c) I‘tidal (Adil), dan d) Tasamuh (Toleransi). 3) Faktor pendukung dalam menanamkan nilai nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yaitu: a) Dukungan yang kuat dari stake holder dan pimpinan di SMPN SMP N 03 Kec. Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang; b) Hubungan baik antara orang tua dan guru dengan senantiasa saling bertukar informasi dan bekerjasama; dan c) Saling Membahu, mendukung dan membantu antara Guru Pendidikan Agama Islam dan guru bidang studi yang lain. Adapun faktor penghambat dalam menanamkan nilai nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pengaruh lingkungan diluar sekolah atau tempat tinggal siswa.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Nilai-Nilai Moderasi Beragama. | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year