ANALISIS PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD KEMBANG WANGI DESA PINJU LAYANG KEC. SEMIDANG ALAS KAB. SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Natalia, Dwi (2025) ANALISIS PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD KEMBANG WANGI DESA PINJU LAYANG KEC. SEMIDANG ALAS KAB. SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DWI NATALIA_2011250058.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Bagaimana peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di PAUD Kembang Wangi Desa Pinju Layang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma”. Guru pendamping atau yang sering di sebut dengan istilah shdow teacher, adalah seorang pendamping di bidang pendidikan pra sekolah. Salah satu kriteria seorang guru pendamping adalah memahami karakteristik dan keragaman dari anak-anak dengan kondis khusus dan bagaimana menanganinya dengan baik dan benar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping dan 14 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data di laksanakan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis melalui reduk di data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di lakukan di PAUD Kembang Wangi Desa Pinju Layang menunjukkan bahwa selama pembelajaran di mulai guru pendamping sudah melakukan tugasnya sesuai dengan indikator pembelajaran yang telah dirancangkan, dan guru pendamping juga mengajarkan kepada anak yang belum paham atau pun belum mengerti dalam pembelajaran yang sedang di mulai, guru pendamping membimbing dan membantu anak- anak yng belum mengeti. Saat pembelajaran sedang di mulai guru pendamping juga mengondisikan kelas supaya anak- anak yang ada di kelas tidak ribut dan tetap fokus saat guru sedang menjelaskan pembelajaran di depan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrica198510202011012011UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Pendamping, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:31
Last Modified: 12 Jun 2025 02:31
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year