Natalia, Dwi (2025) ANALISIS PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD KEMBANG WANGI DESA PINJU LAYANG KEC. SEMIDANG ALAS KAB. SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
DWI NATALIA_2011250058.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Bagaimana peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di PAUD Kembang Wangi Desa Pinju Layang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma”. Guru pendamping atau yang sering di sebut dengan istilah shdow teacher, adalah seorang pendamping di bidang pendidikan pra sekolah. Salah satu kriteria seorang guru pendamping adalah memahami karakteristik dan keragaman dari anak-anak dengan kondis khusus dan bagaimana menanganinya dengan baik dan benar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping dan 14 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data di laksanakan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis melalui reduk di data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di lakukan di PAUD Kembang Wangi Desa Pinju Layang menunjukkan bahwa selama pembelajaran di mulai guru pendamping sudah melakukan tugasnya sesuai dengan indikator pembelajaran yang telah dirancangkan, dan guru pendamping juga mengajarkan kepada anak yang belum paham atau pun belum mengerti dalam pembelajaran yang sedang di mulai, guru pendamping membimbing dan membantu anak- anak yng belum mengeti. Saat pembelajaran sedang di mulai guru pendamping juga mengondisikan kelas supaya anak- anak yang ada di kelas tidak ribut dan tetap fokus saat guru sedang menjelaskan pembelajaran di depan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendamping, Anak Usia Dini | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:31 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year