ARDELIA PUTRI, NAZA (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTS HUMAIRA’ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
NAZA ARDELIA PUTRI_2111210037.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka, yang diluncurkan pada tahun 2021, dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan fokus pada materi esensial guna mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila. Kurikulum ini bertujuan untuk mengatasi learning loss yang terjadi selama pandemi COVID-19, serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTs Humaira’ Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, sekolah telah menyelenggarakan pelatihan penyusunan perangkat ajar, termasuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar, yang diikuti oleh seluruh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru cenderung menggunakan media tradisional seperti papan tulis dan buku teks, tanpa memanfaatkan teknologi seperti proyektor atau presentasi berbasis PowerPoint (PPT). Metode pembelajaran yang dominan adalah ceramah, meskipun metode lain, seperti praktik dan diskusi kelompok, juga digunakan untuk mendukung pembelajaran berbasis pengalaman. Pada tahap evaluasi, sekolah menerapkan asesmen formatif melalui penilaian harian berupa praktik, tulisan, dan lisan, serta asesmen sumatif berbasis teknologi melalui perangkat laptop dan ponsel, yang dikenal sebagai Computer-Based Test (CBT). Penerapan Kurikulum Merdeka di MTs Humaira’ menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap kurikulum baru dan tantangan dalam menyusun perangkat ajar. Kendala ini menyebabkan adaptasi yang lambat terhadap pendekatan pembelajaran berbasis teknologi dan inovasi. Penelitian ini xiii diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan Kurikulum Merdeka di bidang pembelajaran Fikih serta memberikan rekomendasi bagi madrasah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Fikih, MTs Humaira’ | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year