INDRIYANI, RIRIN (2025) PENGARUH PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text
RIRIN INDRIYANI_2111210092.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh pembiasaan literasi digital terhadap Ket berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah satu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (seperti pemikiran tentang sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik menggunakan pengukuran dan observasi serta pengujian teori), menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan survei yang memerlukan data statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Pembiasaan Literasi Digital terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa Pembiasaan Literasi Digital berpengaruh terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis pada tabel 4.12 mengungkapkan hubungan linear yang signifikan antara variabel X dan Y, dengan nilai signifiknsi (sig) untuk parsial effect X dan Y sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai t-hitung sebesar 8,053 > t-tabel sebesar 2,009. Dari situ peneliti mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan adanya pengaruh dari Pembiasaan Literasi Digital terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap variabel Y sementara 42,5% sisanya xiii dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Literasi Digital, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year