PENGARUH PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

INDRIYANI, RIRIN (2025) PENGARUH PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (809kB)
[img] Text
RIRIN INDRIYANI_2111210092.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh pembiasaan literasi digital terhadap Ket berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah satu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (seperti pemikiran tentang sebab akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis dan pertanyaan spesifik menggunakan pengukuran dan observasi serta pengujian teori), menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan survei yang memerlukan data statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Pembiasaan Literasi Digital terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa Pembiasaan Literasi Digital berpengaruh terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis pada tabel 4.12 mengungkapkan hubungan linear yang signifikan antara variabel X dan Y, dengan nilai signifiknsi (sig) untuk parsial effect X dan Y sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai t-hitung sebesar 8,053 > t-tabel sebesar 2,009. Dari situ peneliti mendapatkan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang menandakan adanya pengaruh dari Pembiasaan Literasi Digital terhadap Keterampilan berpikir kritis siswa di MAN 1 Kota Bengkulu. Dalam konteks persamaan regresi linear sederhana Y' = a + bX, dapat dinyatakan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 57,5% terhadap variabel Y sementara 42,5% sisanya xiii dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisoraziz mustamin, Abdul198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Literasi Digital, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:22
Last Modified: 17 Jun 2025 04:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year