Dinantia, Febriansyah (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 02 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN 4 LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
FEBRIANSYAH DINANTIA_2011270052.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPS. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 02 Pasemah Air Keruh Kabupaten 4 Lawang Provinsi Sumatera Selatan dengan sumber data kepala sekolah guru IPS dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat tiga poin temuan. Poin perencanaan, guru IPS di SMPN 02 Pasemah Air Keruh, merencanakan pembelajaran dengan menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, menentukan dan menyusun asesmen diagnostik, pengembangan modul ajar, pembelajaran IPS sesuai dengan kebutuhan siswa, asesmen formatif dan sumatif, pelaporan kemajuan belajar serta Evaluasi pembelajaran IPS. Kemudian dilanjutkan dengan penerapan P5. Pada poin pelaksanaan, proses pembelajaran IPS tentunya terdapat tiga kegiatan penting, yakni a) Kegiatan Awal. Hasil temuan penelitian yang berkaitan dengan kegiatan intrakulikuler diterapkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang merupakan penerapan dari modul ajar. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS menyesuaikan materi yang akan dipelajari sehingga pelaksanaanya tidak sepenuhnya di dalam kelas. b) Kegiatan Inti. Hasil temuan penelitian saat proses pembelajaran guru menggunakan metode PBL. c) Kegiatan Penutup. Guru IPS memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari, setelah itu menyampaikan materi apa yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya kepada siswa dan diakhiri dengan membaca doa bersama dan bersalaman. Adapun kendala yang ditemukan yakni kesulitan dalam menyusun modul ajar. Kemudian dari segi pendukungnya yakni tersedianya sarana dan prasarana, jaringan internet bagus dan kemauan guru untuk terus belajar. Jadi, proses penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pasemah Air Keruh tergolong efektif sehingga pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year