Meisi, Meisi (2025) Perbandingan Model Investigasi Kelompok dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di MTs Jâ-Alhaq Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MEISI _1911260008.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya perbandingan model investigasi kelompok dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs Jâ-Alhaq Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di MTs Jâ-Alhaq Kota Bengkulu. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII C berjumlah 23 siswa yang diajarkan menggunakan model investigasi kelompok dan kelas VII D berjumlah 23 siswa yang diajarkan menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpukan data dalam penelitian ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda, namun ketika di uji kevalidtan soal pada kelas yang bukan untuk diteliti mendapatkan data bahwa 20 soal yang dinyatakan valid. Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji T-Test dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: 1) berdasarkan uji normalitas data didapatkan hasil belajar pada model investigasi kelompok adalah sebagai berikut untuk kelas eksperimen 1 dengan jumlah nilai nilai T3 =1,050 dengan α = 0,05 diperoleh nilai p-value = 0,914. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa data post-test kontrol berdistribusi normal karena p > α (5%) = 1,050 > 0,914. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai T3 = 0,853 dengan α = 0,05 diperoleh nilai pvalue = 0,914. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa data pretest eksperimen berdistribusi normal karena p > α (5%) = 0,853> 0,914. 2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,785 dan dari daftar distribusi F dengan dkpembilang = 3 – 1 = 2 dan dkpenyebut = 23 – 2 = 21, dengan α = 0,05, didapatkan Ftabel = 3,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian merupakan data homogen, hal ini dikarenakan Fhitung < Ftabel. 3) Untuk pengujian uji T-test diperoleh didapatkan thitung =4,262, sedangkan ttabel = 1,680 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan kebebasan (df) = 44. Harga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain “Maka model pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar siswa lebih baik dari hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Investigasi Kelompok,Discovery Learning, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:24 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year