Yunita, Tasya Irna (2025) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MELALUI KEGIATAN MUROJA’AH DI RA PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
TASYA IRNA YUNITA_2111250102.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual pada perkembangan anak usia dini di masa sekarang sangat penting dibentuk dengan sangat optimal demi mewujudkan dan membentuk kepribadian anak yang sesuai dengan agama dan bangsa. Penelitian ini tujuannya mendeskripsikan dan menjelaskan strategi guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual anak melalui kegiatan muroja‟ah di RA Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak melalui kegiatan Muroja‟ah di RA Plus Jâ-alHaq Kota Bengkulu berdasarkan analisis dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam upaya menumbuhkan kecerdasan spiritual anak melalui kegiatan Muroja‟ah, Guru melakukan strategi dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu, Handphone, Whatsapp, Spiker, Microphone dan Proyektor. Pemanfaatan kemajuan Teknologi yang Guru gunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai media pembelajaran sangat mempermudah Guru dalam proses belajar mengajar mudah dipahami oleh anak karena sesuai dengan kebutuhan anak. Tak hanya itu Guru juga memilki Strategi yang paling penting yaitu bekerja sama dengan orang tua dalam membantu pelaksanan kegiatan Muroja‟ah anak. Kerja sama antara Guru dan Orang tua memiliki potensi yang sangat besar dalam proses perkembangan anak. Pembelajaran yang anak dapatkan tak hanya di sekolah namun juga mendapatkan pembelajaran di rumah. Melalui kegiatan muroja‟ah berhasil menumbuhkan kecerdasan spiritual anak, Hasil yang baik disertai dengan strategi guru yang profesional dan optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kecerdasan Spiritual dan Muroja’ah, PIAUD | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:38 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year