ANJELINA, PARJILA (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI SDN 99 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_PARJILA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
PARJILA ANJELINA_2111240198_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemandirian belajar dan perhatian orang tua juga memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan konflik yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran anak di rumah. Keluarga yang berfungsi dengan baik dan memiliki orang tua yang terlatih cenderung memiliki suasana yang lebih mendukung untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu, 2) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu, 3) mengetahui pengaruh secara bersama-sama kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang ada di SDN 99 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dengan cara angket, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menunjukkan peningkatan 0,212 ke arah positif dengan nilai signifikan = 0,017 lebih kecil dari nilai sig pada tabel coefficents = 0,05 artinya 0,017 < 0,05 menunjukkan ada pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel Y, maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. 2) Ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menunjukkan peningkatan 0,454 ke arah positif dengan nilai signifikan = 0,000 lebih kecil dari nilai sig pada tabel coefficents = 0,05, artinya 0,000 < 0,05 xi menunjukkan ada pengaruh antara variabel X2 terhadap variabel Y. Maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. 3) Ada pengaruh antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menjelaskan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan hasil determinasi r square sebesar 0,832 = 83,20% dalam mempengaruhi variabel terikat, maka Ha3 diterima dan Ho3 ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kemandirian Belajaar, Perhatian Orang Tua | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 04:51 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year