PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI SDN 99 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANJELINA, PARJILA (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI SDN 99 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_PARJILA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Text
PARJILA ANJELINA_2111240198_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian belajar dan perhatian orang tua juga memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan konflik yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran anak di rumah. Keluarga yang berfungsi dengan baik dan memiliki orang tua yang terlatih cenderung memiliki suasana yang lebih mendukung untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu, 2) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu, 3) mengetahui pengaruh secara bersama-sama kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar anak di SDN 99 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang ada di SDN 99 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dengan cara angket, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menunjukkan peningkatan 0,212 ke arah positif dengan nilai signifikan = 0,017 lebih kecil dari nilai sig pada tabel coefficents = 0,05 artinya 0,017 < 0,05 menunjukkan ada pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel Y, maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. 2) Ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menunjukkan peningkatan 0,454 ke arah positif dengan nilai signifikan = 0,000 lebih kecil dari nilai sig pada tabel coefficents = 0,05, artinya 0,000 < 0,05 xi menunjukkan ada pengaruh antara variabel X2 terhadap variabel Y. Maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. 3) Ada pengaruh antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu, hasil perhitungan menjelaskan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan hasil determinasi r square sebesar 0,832 = 83,20% dalam mempengaruhi variabel terikat, maka Ha3 diterima dan Ho3 ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Dini197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorFebriani, Haruna199002142020122004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemandirian Belajaar, Perhatian Orang Tua
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:51
Last Modified: 03 Sep 2025 04:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year