PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MIS DESA SIMPANG KECAMATAN SELUMA UTARA KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Erawati, Teka (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MIS DESA SIMPANG KECAMATAN SELUMA UTARA KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
TEKA ERAWATI _ 2111210046.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini peneliti memfokuskan pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk siswa kelas V di MIS Desa Simpang Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma. Semua siswa mempunya keberagaman minat, bakat dan kemampuan, yang menyebabkan guru mempunyai tantangan dalam penyampaian materi. Oleh sebab itu, guru dituntut untuk menyediakan materi yang gampang dipahami oleh masing-masing siswa. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya di kelas V MIS Desa Simpang. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Desa Simpang Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma dengan metode penelitian kualitatif, karena metode ini mampu menyajikan data secara apa adanya dan menggambarkan situasi dilapangan secara spesifik, jelas dan mendalam. Subjek dalam peneltian ini, informannya merupakan guru yang mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat tepat diterapkan guna mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang memiliki beragam kemampuan. Dengan pendekatan ini, siswa merasa lebih di hargai dan diterima, suasana belajar menjadi lebih adil, serta tercipta kolaborasi yang baik antara guru dan siswa. Yang terpenting, kebutuhan siswa dapat terpenuhi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorSatriso, Hengki199001242015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Aqidah Akhlak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:21
Last Modified: 08 Sep 2025 01:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year