Dinata, Suvino (2025) Implementasi penggunaan media Kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SUVINO DINATA _2111210176.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Media merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya media siswa akan lebih mudah memahami apa yang dijelaskan oleh guru ketika proses pembelajaran. Platform Kahoot merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran. Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang banyak berisikan deskripsi penjelasan sehingga sangat cocok ketika dalam proses pembelajaran menggunakan alat bantuan media. Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Implementasi media Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Yang telah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi. 2) Apa faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Media Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Dimana faktor pendukung media Kahoot ini yaitu ketersediaan perangkat pembelajaran yang memadai dan faktor penghambatnya adalah jaringan internet. tujian penelitian ini adalah untuk mengetahui Implentasi dan Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Media Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implemantasi penggunaan media Kahoot yang di lakukan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Media Kahoot dirancang dengan kelengkapan seperti silabus dan modul ajar, dan terbukti efektif meningkatkan antusiasme serta menarik minat siswa dalam pembelajaran PAI. Namun, penggunaan media ini masih terkendala oleh sarana prasarana yang kurang memadai. Faktor pendukung dan penghambat media Kahoot faktor pendukungnya meliputi ketersediaan perangkat seperti smartphone dan internet. Faktor penghambatnya seperti jaringan internet yang tidak stabil dan keterbatasan fitur Kahoot dalam menampilkan soal serta jawaban yang panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Kahoot, Pendidikan Agama Islam. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year