STRATEGI GURU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE SISWA KELAS V MI AL-QUR’ANIYAH BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

SURANDA, NOVALYO (2025) STRATEGI GURU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN MUFRODAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE SISWA KELAS V MI AL-QUR’ANIYAH BENGKULU SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
TESIS NOVALYO SURANDA_2323540008_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Strategi yang digunakan Guru Al-Qur’an Hadits dalam Memberikan Pemahaman Mufrodat dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al- Qur’aniyah Bengkulu Selatan, Untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang menggunakan Media Crossword Puzzle Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan, dan Untuk mengetahui evaluasi Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Memberikan Pemahaman Mufrodat dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al- Qur’aniyah Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan MI Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Guru menggunakan media Crossword Puzzle untuk membuat pembelajaran lebih aktif dan menarik, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat Mufrodat Al-Qur'an. Dengan menggunakan media Crossword Puzzle, guru dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam memahami dan mengaplikasikan Mufrodat Al-Qur'an dalam konteks yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Strategi yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits di MI Al-Qur’aniyah, yaitu membuat perangkat pembelajaran dan Modul melalui metode ceramah, diskusi dan Tanya jawab. Proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits yang menggunakan media Crossword Puzzle di Madrasah Ibtidaiyah Al-Qur'aniyah Bengkulu Selatan dapat meliputi beberapa langkah yaitu 1)Perencanaan, 2)Persiapan, 3) Pembelajaran, 4)Diskusi dan Tanya Jawab, 5)Evaluasi. Pada proses pembelajaran dalam evaluasi proses pembelajaran menggunakan strategi inquiri dan media Crossword Puzzle dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek berikut : 1)Keterlibatan siswa. 2)Kemampuan berpikir kritis. 3)Kreativitas. 4)Kolaborasi. Dan evaluasi penilaian/hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan strategi inquiri dan media Crossword Puzzle dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek berikut: 1)Peningkatan pemahaman konsep. 2)Peningkatan kemampuan mengingat. 3)Peningkatan kemampuan menerapkan.4) Peningkatan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurdin, Zurifah197209222000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorRiadi, Dayun197207072006041002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pemahaman Mufrodat, Media Crossword Puzzle.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:25
Last Modified: 08 Sep 2025 02:25
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year