PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN KELAS TAMBAHAN DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Carlina, Atin (2025) PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN KELAS TAMBAHAN DI SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (556kB)
[img] Text
Atin Carlina_2111240154.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menetapkan perubahan kurikulum yaitu kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan kurikulum merdeka belajar serta faktor pendukung dan penghambatnya di SDN 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dimulai dengan membuat modul ajar, kemudian pelaksanaan pembelajaran dengan melakukan kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, sedangkan valuasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dilakukan dengan menggunakan assement format dan assement sumatif, dimana instrument penilaian berbentuk lembar observasi dan tes soal. (3) Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum merdeka belajar yaitu kompetensi guru, prasarana memadai, keaktifan, serta dukungan orang tua. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka belajar yaitu situasi belajar, kesiapan belajar siswa, dan kecerdasan atau IQ siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam19820810202324016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar , motivasi belajar siswa
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:37
Last Modified: 08 Sep 2025 02:37
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year