PENGARUH RUTINITAS MEMBACA AL -QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SUKMANINGRUM, LUTFIANA (2025) PENGARUH RUTINITAS MEMBACA AL -QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text (Skripsi)
LUTFIANA SUKMANINGRUM_2111210028.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masih rendahnya kemampuan membaca Al-Qur‟an di kalangan siswa berkaitan erat dengan kurangnya kebiasaan membaca kitab suci tersebut secara rutin. Penelitian berikut bermaksud untuk mengeksplorasi sejauh mana pengaruh rutinitas membaca AlQur‟an terhadap kemampuan siswa didalam membaca Al-Qur‟an dengan baik serta benar. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif eks post facto, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, serta dokumentasi. Sampel didalam penelitian berikut berjumlah 60 responden. Temuan uji validitas menerapkan korelasi Pearson mengindikasi angka 0,2542, sedangkan uji reliabilitas melalui metode Cronbach‟s Alpha menghasilkan skor di atas 0,9 yang tergolong tinggi serta andal. Uji asumsi klasik mengindikasi bahwasanya data terdistribusi normal (0,200 > 0,05), bersifat linear (0,951 > 0,05), serta homogen (0,175 > 0,05), yang bermakna seluruh syarat uji statistik sudah terpenuhi. Analisis regresi sederhana mengindikasi bahwasanya ditemui pengaruh signifikan diantara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan kemampuan membacanya. Perihal berikut dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,714 > 1,671), serta nilai koefisien determinasi senilai 0,2025 ataupun R-square senilai 20,3%, yang mengindikasikan bahwasanya rutinitas membaca Al-Qur‟an menjelaskan sekitar seperlima dari variasi kemampuan membaca siswa. Temuan tersebut menegaskan bahwasanya makin konsisten serta teratur siswa didalam membaca Al-Qur‟an, kemudian makin mendorong peningkatan pula keterampilan mereka didalam membacanya. Kebiasaan membaca yang berulang serta berkelanjutan tidak hanya memperkuat aspek teknis bacaan, tetapi juga memperkaya pemahaman spiritual serta kognitif terhadap isi kandungan ayatayat suci. Temuan berikut menyoroti pentingnya penerapan budaya membaca Al-Qur‟an secara rutin di lingkungan sekolah sebagai strategi efektif didalam mendorong peningkatankan kualitas literasi keislaman siswa. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar kegiatan membaca Al-Qur‟an dijadikan bagian integral dari aktivitas harian siswa demi peningkatan kompetensi serta pemahaman keagamaan yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah196805191997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifin, Ahmad198006162015031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Rutinitas Membaca Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:22
Last Modified: 08 Sep 2025 03:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year