PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 77 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

KARLENATA, HIIS (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 77 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI HIIS KARLENATA_2111240085_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan pada hasil belajar siswa di kelas V SDN 77 Seluma. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah, metode pembelajarajan yang digunakan oleh guru lebih didominasi metode ceramah hingga siswa peserta didik kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, kurang optimalnya respon siswa pada proses pembelajaran hingga interaksi antara guru dan peserta didik kurang terlihat, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA belum memenuhi KKM dan belum adanya variasi media yang digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 77 seluma dengan media video animasi dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 77 seluma. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Desigen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 77 Seluma yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2025. Sampel diambil dengan teknik propesif sampling, sehingga terpilih kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi Observasi, Wawancara, Dukomentasi dan Tes. Instrumen penilaian berupa tes Soal Pilihan Ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil Posttest kelas VB (kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 96 sedangkan hasil Posttest kelas VA (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 74. Hasil ini dilihat juga dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji T “Berdasarkan hasil uji paired ttest dapat diketahui jika nilai sign. (2-tailed) <0,05 maka ho ditolak begitu pun sebaliknya. Dapat dilihat dari tabel nilai sign.(2-tailed) adalah sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikansi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 77 Seluma

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Hasil Belajar Siswa, mata Pelajaran IPA
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:55
Last Modified: 08 Sep 2025 03:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4648

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year