MAHARANI, SUCI (2025) PROBLEMATIKA GURU PADA PELAKSANAAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI SDN 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN_SUCI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SUCI MAHARANI_2111240072_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia merupakan hal yang konstan, seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan nasional. Sejak kurikulum pertama pada tahun 1947 hingga Kurikulum Merdeka yang diterapkan saat ini, setiap perubahan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu program kunci dalam kurikulum ini adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang berfokus pada integrasi kearifan lokal dan dimensi Berkebhinekaan Global. Namun, pelaksanaan P5 di SDN 66 Kota Bengkulu menunjukkan adanya problematika yang dihadapi oleh guru, termasuk kesulitan dalam mengintegrasikan tema kearifan lokal dan dukungan yang terbatas dari orang tua serta pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan tersebut dan mencari solusi yang efektif. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, yang bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di SDN 66 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2024-2025, dengan sumber data yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara terstruktur dengan kepala sekolah, pengelola kurikulum, guru kelas 4, dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen terkait kegiatan P5. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi non-partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan triangulasi untuk meningkatkan validitas dan keandalan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program P5 di SDN 66 Kota Bengkulu menghadapi berbagai tantangan, melalui wawancara dan observasi, ditemukan bahwa pemilihan tema yang relevan dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekitar menjadi kendala utama, sementara pengaturan waktu yang terbatas menghambat efektivitas pembelajaran. Dukungan orang tua juga penting dalam keberhasilan P5, namun banyak orang tua yang belum sepenuhnya memahami pentingnya P5 ini. Solusi mengatasi tantangan tersebut, ialah meliputi musyawarah antar guru dalam pemilihan tema, penyesuaian waktu pelaksanaan, dan peningkatan komunikasi dengan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang tantangan dalam implementasi kurikulum berbasis proyek di pendidikan dasar, serta menawarkan rekomendasi untuk pengembangan strategi yang lebih efektif dalam pelaksanaan P5 di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Berkebhinekaan Global,Tantangan Guru | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:03 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year