STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ERISCA, RARA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text (Skripsi)
RARA FERISCA_2111250063.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan metode pembelajaran calistung (membaca, menulis, dan berhitung) untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini di TK Hang Tuah Kota Bengkulu, serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data primer berasal dari guru dan kepala sekolah, serta data sekunder berupa dokumentasi observasi, wawancara, dan foto. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan empat strategi pembelajaran, yaitu melalui bermain, bernyanyi, pembelajaran individual, dan pembelajaran kelompok. Strategistrategi ini diterapkan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga anak lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kendala yang dihadapi mencakup kurangnya kompetensi guru, keterbatasan fasilitas, dan faktor individual anak, yang diatasi melalui pelatihan, pemanfaatan media yang tersedia, serta pendekatan motivasional yang disesuaikan dengan karakteristik anak. Secara umum, kemampuan anak dalam calistung di TK Hang Tuah tergolong baik, terlihat dari kemampuan mereka dalam mengenal huruf dan angka, membaca gambar dan kata, menulis nama sendiri, serta menghitung operasi sederhana. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru cukup efektif dalam mendukung perkembangan literasi dan numerasi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196111015984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBudrianto, Budrianto199128082023211021UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Calistung, Anak Usia Dini, Pembelajaran, TK Hang Tuah
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:22
Last Modified: 08 Sep 2025 08:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year