PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI SMPN 18 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

ERDIANTI, OZI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI SMPN 18 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Skripsi)
OZI ERDIANTI_2111260012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap peningkatan keterampilan kolaboratif siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan di SMPN 18 Bengkulu Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian ini penelitian korelasional, sedangkan untuk desain penelitiannya ialah metode deskriptif (descriptive method) Peneliti menggunakan populasi sebanyak 26 dan sampel sebanyak 26 siswa untuk sampel dimana karena populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel, adapun teknik pengambilan sampel yaitu sample jenuh. Hasil penelitian keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,405>0,05. Ha ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas pada keterampilan kolaborasi diperoleh taraf sig 0,163˃0,05 menunjukkan bahwa data terdistribusi homogen. Berdasarkan hasil analisis paired samples T-Test terdapa perbedaan keterampilan kolaboratif dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0.000<0,05 dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dikatakan bahwa perbedaan antar kelompok signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga peneliti dapa menarik kesimpulan yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Jigsaw di kelas eksperimen pada keterampilan kolaboratif peserta didik di SMPN 18 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZulkarnain, Zulkarnain198411152023211010UNSPECIFIED
Thesis advisorMukti, Wiji Aziz Hari199010302023211032UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Jigsaw, Keterampilan Kolaboratif siswa.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:29
Last Modified: 08 Sep 2025 08:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year