STRATEGI PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN KE II ( PLP 2) DALAM MEMPERKUAT KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Natalia, Desti Fitriani (2025) STRATEGI PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN KE II ( PLP 2) DALAM MEMPERKUAT KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DESTI FITRIANI NATALI_2111210127..pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Ke II (PLP 2) dalam Memperkuat Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan PLP 2 dalam memperkuat kompetensi pedagogik mahasiswa, memahami proses pelaksanaannya, peran pembimbing, serta faktor pendukung dan penghambat selama program berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap dosen pembimbing dan mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PLP 2 dirancang secara sistematis melalui tahapan observasi, perencanaan, pelaksanaan praktik mengajar, dan evaluasi. Program ini efektif dalam membentuk kesiapan mahasiswa menjadi pendidik profesional, khususnya dalam aspek kompetensi pedagogik seperti kemampuan merancang pembelajaran, memahami karakteristik peserta didik, serta melaksanakan proses belajar mengajar yang mendidik. Peran pembimbing sangat signifikan dalam memberikan arahan dan refleksi bagi mahasiswa. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah mitra, kesiapan mahasiswa, dan keterlibatan aktif dosen pembimbing, sementara hambatannya antara lain keterbatasan waktu praktik, sarana prasarana yang kurang memadai, dan kepercayaan diri mahasiswa yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan PLP 2 terus dievaluasi dan disempurnakan guna menghasilkan calon guru yang kompeten secara pedagogik dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhoiri, Qolbi1981072020007101003UNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, Haryono8908450022UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, PLP 2, Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:14
Last Modified: 09 Sep 2025 01:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year