Khadafi, Muhammad (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Critical Thinking Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas Viii Mts 01 Darussalam Kepahiang Provinsi Bengkulu. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text (Tesis)
KHADAFI - 23235400162323540016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) dan Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs 01 Darussalam Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 19 siswa unggul putra dimana menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang terdiri dari 19 siswi unggul putri dimana menggunakan metode pembelajaran konvensional atau yang sudah digunakan oleh madrasah. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 multiplechoice mata Pelajaran Fiqih materi Zakat. Analisis data dilakukan menggunakan uji MANOVA untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok dimana sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini didasari oleh hasil rata-rata gain untuk kelas eksperimen sebesar 18.43 dan kelas control sebesar 9.63. Uji MANOVA nilai signifikansi 0.001. Nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. (2) penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini didasari oleh hasil rata-rata gain untuk kelas eksperimen sebesar 6.77 dan kelas control sebesar 5.13. Uji MANOVA nilai signifikansi 0.01. Nilai tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di tingkat Madrasah Tsanawiyah.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar Fiqih | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 01:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year