Sari, Lensi Puspita (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK JENIS IKAN AIR TAWAR DANAU DENDAM TAK SUDAH PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LITERASI SAINS DI SMP NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LENSI PUSPITA SARI_2111260002.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik ikan air tawar materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan literasi sains di SMP Nurul Huda dari hasil lingkungan danau dendam tak sudah dusun besar kota bengkulu, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik ikan air tawar materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode Purposive Random Sampling digunakan untuk memilih sampel ikan yang relevan untuk produk LKPD. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan membandingkan PosttestPrettest dan Posttest-KKM. Metode tahap Purposive Random Sampling dengan mengidentifikasi 11 spesies ikan, termasuk 3 ikan langka (Ikan tambakan, ikan sepat siam dan ikan lirau sejenis belut tapi bersirip) yang hidup di danau dan memiliki nilai ekonomis penting bagi masyarakat setempat. Temuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap klasifikasi makhluk hidup dan literasi sains melalui penerapan LKPD berbasis lingkungan. Hasil penelitian tahap pertama mengidentifikasi 11 spesies ikan di Danau Dendam Tak Sudah, yang menunjukkan kekayaan biodiversitas perairan dan menekankan pentingnya pelestarian ekosistem. Beberapa spesies langka dan terancam punah, seperti ikan tambakan, ikan sepat siam, dan lirau, menegaskan perlunya perlindungan habitat mereka. Penelitian tahap kedua penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis materi identifikasi ikan air tawar terbukti efektif meningkatkan literasi sains siswa di SMP Nurul Huda. Peningkatan signifikan antara prettest-posttest dengan p-value <0,001 dan nilai t sebesar 6,458 menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest dan KKM dengan nilai rata-rata hasil posttest secara signifikan lebih tinggi dari KKM 75 menunjukkan bahwa LKPD membantu siswa memahami konsep-konsep sains dengan lebih baik. Peningkatan Kesimpulan bahwa penemuan ikan-ikan langka menyoroti pentingnya perlindungan habitat. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis identifikasi ikan air tawar terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa, dengan pendekatan yang kontekstual dan relevan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Ikan Air Tawar, Klasifikasi Makhluk Hidup, Danau Dendam Tak Sudah, LKPD. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year