KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENERAPKAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ARIF, AL FIRDAUS MAULANA (2025) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENERAPKAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AL FIRDAUS MAULANA ARIF NIM 2111320024.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia menuntut guru, termasuk guru BK, memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Layanan konseling individu menjadi salah satu layanan penting yang menuntut penguasaan teori, keterampilan praktik, dan hubungan empatik. Namun, di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu, pelaksanaan layanan ini menghadapi berbagai kendala, seperti rendahnya minat siswa, kurangnya keterbukaan, serta masih adanya pelanggaran tata tertib. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan terkait sejauh mana kompetensi profesional guru BK dalam menjalankan layanan konseling individu secara optimal, dan bagaimana dampak pelaksanaan konseling individu terhadap perilaku siswa dii SMP N tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru BK dalam menerapkan layanan konseling individu di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu, dan melihat dampak Layanan Konseling Individu terhadap perilaku siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melaui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini berjumlah 12 orang terdiri dari 3 orang guru BK dan 9 orang siswa yang pernah mengikuti layanan konseling individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu telah menunjukkan kompetensi profesional yang baik dalam menerapkan layanan konseling individu. Hal ini ditunjukkan melalui tiga aspek utama: (1) kemampuan membangun hubungan empatik dengan siswa, yang tercermin dari sikap ramah, tidak menghakimi, serta menciptakan suasana yang nyaman dan penuh kepercayaan; (2) penerapan teknik konseling yang tepat seperti teknik attending, penggunaan ix pertanyaan terbuka, observasi, serta wawancara dengan pihak ketiga; dan (3) pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut secara berkelanjutan untuk menilai efektivitas layanan konseling. Selain itu, hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa layanan konseling individu memberikan dampak positif terhadap perubahan perilaku siswa, seperti meningkatnya kedisiplinan, rasa nyaman, dan kesadaran akan tanggung jawab di sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru BK di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu telah diterapkan secara optimal dan memberikan kontribusi nyata dalam membantu siswa menyelesaikan permasalahan pribadi dan meningkatkan kualitas dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarni, Astini19720312200003203UNSPECIFIED
Thesis advisorBadriyah, Lailatul199109042019032008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional, guru BK, layanan konseling individu, empati, evaluasi, Dampak layanan konseling Individu.
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:21
Last Modified: 09 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year