PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 24 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Lestari, Wahyuni Intan (2025) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Skripsi)
WAHYUNI INTAN LESTARI_1811260001.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif serta metode yang efisien dalam pembelajaran IPA, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, menyebabkan rendahnya partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa dalam materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII, serta untuk mengevaluasi respons siswa terhadap penggunaan video animasi selama proses pembelajaran di SMPN 24 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) serta dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua siswa kelas VII sebanyak 85 orang, dengan sampel yang diambil dari dua kelas: kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas kontrol yang juga terdiri dari 22 siswa. Analisis data dari kedua kelompok dilakukan dengan uji-t (Independent Samples Test) menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas VII yang menggunakan video animasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode ceramah. Selain itu, dari perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan tingkat signifikansi 5%, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 4,866 > ttabel 1,682. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil angket respons siswa, yang dihitung secara manual, menunjukkan nilai 77,14%, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Secara rinci, 9 siswa berada dalam kategori tinggi (nilai ≥ 32,45), 6 siswa dalam kategori sedang (nilai antara 30,35 hingga 32,45), dan 7 siswa dalam kategori rendah (nilai ≤ 30). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan untuk menggunakan media seperti video animasi dalam pembelajaran IPA, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, guna meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Meirita199105242020122006UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup, Media Video Animasi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:30
Last Modified: 09 Sep 2025 03:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year