Lestari, Wahyuni Intan (2025) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
WAHYUNI INTAN LESTARI_1811260001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif serta metode yang efisien dalam pembelajaran IPA, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, menyebabkan rendahnya partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa dalam materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII, serta untuk mengevaluasi respons siswa terhadap penggunaan video animasi selama proses pembelajaran di SMPN 24 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) serta dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua siswa kelas VII sebanyak 85 orang, dengan sampel yang diambil dari dua kelas: kelas eksperimen yang terdiri dari 22 siswa dan kelas kontrol yang juga terdiri dari 22 siswa. Analisis data dari kedua kelompok dilakukan dengan uji-t (Independent Samples Test) menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas VII yang menggunakan video animasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode ceramah. Selain itu, dari perhitungan uji-t (Independent Samples Test) dengan tingkat signifikansi 5%, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 4,866 > ttabel 1,682. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil angket respons siswa, yang dihitung secara manual, menunjukkan nilai 77,14%, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Secara rinci, 9 siswa berada dalam kategori tinggi (nilai ≥ 32,45), 6 siswa dalam kategori sedang (nilai antara 30,35 hingga 32,45), dan 7 siswa dalam kategori rendah (nilai ≤ 30). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan untuk menggunakan media seperti video animasi dalam pembelajaran IPA, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, guna meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup, Media Video Animasi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year