IMPLIKASI PENGGUNAAN FASILITAS MASJID OLEH GURU PAI UNTUK PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS XI TP SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

AULIA, SEPTI (2025) IMPLIKASI PENGGUNAAN FASILITAS MASJID OLEH GURU PAI UNTUK PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS XI TP SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (205kB)
[img] Text (Skripsi)
SEPTI AULIA_2111210126.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan fasilitas masjid oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses pembelajaran dan dampaknya terhadap peningkatan sikap disiplin siswa kelas XI Teknik Pemesinan (TP) di SMKN 2 Kota Bengkulu. Disiplin, sebagai konstruksi sosial, dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pendekatan pendidikan berbasis agama yang dilakukan di lingkungan masjid. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru PAI, siswa, kepala sekolah, dan wakil kurikulum, serta melalui observasi partisipatif dan analisis dokumen terkait kegiatan keagamaan. Informan dipilih secara purposive sampling untuk mendapatkan perspektif yang representatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas masjid dimanfaatkan tidak hanya untuk ibadah, tetapi juga sebagai media pembelajaran karakter. Kegiatan seperti shalat berjamaah, kultum, dan diskusi nilai moral berhasil meningkatkan disiplin siswa, terutama dalam hal ketepatan waktu, tanggung jawab, dan perilaku tertib. Masjid berfungsi sebagai ruang edukasi yang mendukung integrasi nilai keislaman dalam pembelajaran, menciptakan suasana religius yang kondusif untuk pembinaan akhlak. Kesimpulannya, pemanfaatan fasilitas masjid oleh guru PAI memiliki implikasi positif dalam pembentukan sikap disiplin siswa. Saran yang diberikan meliputi pengembangan program pembelajaran berbasis masjid yang lebih sistematis dan dukungan kebijakan sekolah untuk memaksimalkan peran masjid sebagai pusat pembelajaran karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarni, Asniti197203122000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorAsvio, Nova198901162020122007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Masjid, Penggunaan Masjid, Sikap Disiplin.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:38
Last Modified: 09 Sep 2025 03:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4778

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year